Rahasia dibalik kenikmatan Ayam Betutu Khas BALI

Sejuta nikmat Ayam Betutu Khas Pulau Dewata BALI



Pada jaman dahulu, betutu dihidangkan untuk acara keagamaan, namun sekarang sudah banyak dibuat untuk dijual. 

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

Secara tradisional, biasanya daging ayam atau bebek yang diisi bumbu tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu pelepah pisan, dan ditanam dalam lubang di tanah, ditutup dengan bara api selama 6-7 jam hingga matang. Namun di restoran-restoran modern sekarang, cara memasaknya pun sudah dimodifikasi.
Arti Betutu sendiri sebenarnya adalah daging ayam atau bebek yang masih utuh, namun sudah diambil tulang-tulangnya, diisi bumbu dan dimasak. Cara memasaknya pun dapat beragam, baik dipanggang, diungkep, ataupun direbus bersama bumbu-bumbu, seperti cabai, kemiri, bawang, serai, lengkuas, pala, kunyit, daun jeruk, jahe, kencur, ketumbar, gula, garam dan bumbu lainnya.
Dengan campuran bumbu tersebut, tidak heran rasa ayam betutu Gilimanuk itu sendiri menjadi sangat pedas dan pekat. Bayangkan ketika Anda makan dengan tangan, memesan es teh dengan ayam betutu pedas dan nasi hangat. Sungguh kombinasi yang luar biasa, yang pastinya dapat membuat Anda cukup berkeringat. Bila Anda tidak tahan terhadap pedas, sebaiknya jangan mencoba makanan yang satu ini karena dapat membuat perut Anda panas bila tidak terbiasa dengan cabai.
Tidak hanya di Gilimanuk, namun ayam betutu khas Gilimanuk ini juga sekarang banyak tersedia di daerah lain di Bali, seperti Gianyar, Tabanan, Denpasar, Kuta, dan lainnya. Ketika Anda berkunjung ke Bali, pastikan anda mencicipi Ayam Betutu khas BALI ini.
0 Responses